cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2022): Februari" : 15 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Ayam Negri Berbasis Aplikasi Android Di Cv.Suyadi Broiler Muhamad Fauzi; Hari Murti
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1540

Abstract

Peternak Ayam suyadi broiler adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang penjualan ayam broiler, Peternak Ayam Bapak Suyadi merupakan tempat pemotongan sekaligus juga peternakan ayam broiler yang sudah berdiri sejak 2013 dan beralamat di Jl.Nglaran Rt 004/011, Ngalang Gedangsari, Gunungkidul yogyakarta. Selama ini dalam melakukan pendataan penjualan dan pembayaran masih dilakukaan secara manual hanya menggunakan nota pembelian saja untuk orderan dari pembelian skala besar, sedangkan untuk pembeli eceran skala kecil tidak menggunakan nota. Beberapa kesulitan yang dihadapi adalah kesulitan dalam melakukan pengecekan stok ayam hanya mengira-ngira bobot ayam yang kiranya akan diorder, dan juga rekap pembayaran yang masih ditulis dalam buku nota menjadikan banyaknya permasalahan dalam penjumlahannya yang terkadang tidak sesuai. Untuk membantu proses pendataan dan pelaporan hasil penjualan dibutuhkan suatu sistem, maka dibuatlah aplikasi penjualan dan pendataan hasil penjualan ayam broiler berbasis android. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan android studio dan menggunakan metode pengembangan sistem waterfaall sedangkan dalam pembuatan database dengan menggunakan MySQL. Dalam mengimplementasikannya dengan beberapa sourcode yang menjadikan suatu program sistem informasi penjualan dapat mempermudah pelanggan mengakses sistem yang telah dibuat adapun dengan metode waterfaall dapat mempermudah melakukan suatu perancangansistem dan menggunakan database sebagai tempat/wadah untuk menampung data user maupun data pengolahan. Dalam melakukan penelitian ini dapat dilihat dengan hasil aplikasi penjualan dan pendataan penjualan ayam yang terdapat beberapa fitur yaitu yang pertama ada order yang dapat memesan secara online yang nantinya akan diproses sistem akan mengirimkan notifikasi ke kurir kemudian kurir nantinya akan mengirimkan pesanan kita adapuan memesan secara langsung, yang kedua ada pembayaran yang menggunakan fitur pembayaran langsung, melalui payment, dan menggunakan transfer bank/virtual account, dan yang ketiga terdapat fitur kurir untuk mengantarkan orderan dari pemesanan secara online melalui aplikasi, sistem ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna maupun dari pemilik peternakan yang disebut juga dengan user admin dalam aplikasi. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menunjang kinerja pada penjualan bapak suyadi, memudahkan mengelola data pembelian dan penjualan.Kata kunci : Peternakan Suyadi Broiler, Sistem penjualan, Aplikasi Android, MySQL, Waterfall
ANALISIS MASALAH PADA DATA REVIEW APLIKASI TERHADAP LAYANAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE TEXT CLASSIFICATION Ahmad Rafid Rizqullah; Ari Wedhasmara; Rahmat Izwan Heroza; Apriansyah Putra; Fathoni Fathoni; Pacu Putra
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1448

Abstract

Shopee merupakan salah satu e-commerce model e-commerce Customer-To Customer (C2C) menggunakan aplikasi sebagai tempat untuk melakukan bisnis. Shopee memberikan beberapa pilihan akses kepada customer diantaranya melalui website dan mobile platform demi kemudahan kegiatan berbelanja online. Untuk mencari informasi tentang peluang yang dapat ditingkatkan dari layanan yang ada Shopee dapat memanfaatkan review dari customer untuk mengetahui masalah yang terjadi pada layanan yang diberikan kepada customer. Review dari customer e-commerce berbasis aplikasi tersebut dapat menjadi solusi yang lebih menjelaskan apa yang disukai dan tidak disukai customer sehingga bisa digunakan sebagai alat untuk menilai aspek-aspek pada layanan e-commerce yang dinilai bermasalah. Untuk mencari informasi tentang peluang yang dapat ditingkatkan pada layanan e-commerce dari komplain atau keluhan review customer. dilakukan dengan mengklasifikasi review kedalam beberapa aspek dengan menggunakan Text Classification untuk mengklasifikasikan aspek. Dari hasil tersebut didapat lah rangkuman masalah berdasarkan aspek yang bisa diperbaiki oleh pihak e-commerce untuk tetap meningkatkan layanan.
Integrasi TAM dan IDT untuk Mengetahui Persepsi Penerimaan Video Conference dalam Proses Pembelajaran Rahma Fitriyani; Dedy Syamsuar
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1353

Abstract

Wabah COVID-19 yang telah menjangkau seluruh dunia termasuk Indonesia merupakan peristiwa yang berdampak sangat besar bagi semua sektor kehidupan manusia, termasuk sektor pendidikan. Potensi terganggunya sistem pembelajaran dan ketidakpastian mengenai masa depan siswa menjadi dua hal utama yang terjadi akibat dampak pandemi. Teknologi digital seperti video conference menjadi salah satu pilihan untuk terus belajar. Pemanfaatan video conference pada pembelajaran jarak jauh akan sangat membantu mahasiswa dalam belajar karena pendidik dapat berinteraksi walaupun ditempat yang berbeda. Berbagai kerangka teori yang dikembangkan untuk mendukung proses adopsi inovasi terkait teknologi informasi, di antaranya adalahTechnology Acceptance Model (TAM) dan Inovasi dan Teori Difusi (IDT). Hasil penelitian menunjukkan ini menunjukkan 4hipotesis yang mendukung diantaranya; ( compatibility) berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan ( persepsi kegunaan), persepsi kemudahan penggunaan ) berpengaruh terhadap sikap penggunaan (sikap terhadap penggunaan) , persepsi kemudahan penggunaan) berpengaruh terhadap persepsi kegunaan ( persepsi kegunaan) ), persepsi kegunaan ( persepsi kegunaan ) berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan(perilaku niat penggunaan) . Serta secara simultan memudahkan penggunaan (PEU) dan persepsi kemanfaatan (POU) mempengaruhi penerimaan Konferensi Video dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pengguna akan lebih mudah menerima apabila mereka merasa bahwa Video Conference mudah digunakan dan bermanfaat dalam menjalankan proses pembelajaran.
Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Dengan Metode Profile Matching Berbasis Website Studi Kasus : PT.NSS Kefamenanu Yohana Niis Molo; Yoseph P.K Kelen; Yasinta O.L Rema
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1463

Abstract

Abstrak−Salah satu kegiatan terpenting dalam sebuah perusahaan atau organisasi adalah sumber daya manusia. Proses rekrutmen merupakan tahapan strategis untuk mengidentifikasikandidat yang tepat. Apabila proses rekrutmen tidak dilakukan dengan baik, maka karyawan baru tidak akan memenuhi kriteria yang diharapkan oleh perusahaan. Aplikasi sistem pendukung keputusan rekrutmen karyawan baru pada penelitian ini dibangun dengan menggunakan Metode Profile Matching. Secara umum, Profile Matching adalah proses membandingkan kompetensi antara individu dengan pekerjaan atau jabatan untuk menentukan kesesuaiannya. Perbandingan dilakukan dengan cara menghitung nilai tes calon pegawai untuk mendapatkan nilai penilaian yang akan menjadi acuan dalam menentukan keputusan dalam proses rekrutmen. Dalam menerapkan Metode Profile Matching, penentuan nilai bobot untuk setiap aspek tes sangat mempengaruhi perhitungan akhir nilai peringkat setiap karyawan, oleh karena itu penentuan nilai bobot terbesar akan diberikan pada aspek prioritas tes secara berurutan untuk memperoleh hasil seleksi sesuai dengan prioritas yang telah ditentukan sesuai kebutuhan perusahaan.Kata Kunci: Basis Data, Profile Matching, Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Karyawan Baru, SDLC, PHP
Metode Prototyping pada Aplikasi Lumbung Padi dengan Pemanfaatan Open Government Data Puguh Jayadi; Juwari Juwari
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1510

Abstract

Open Government Data (OGD) merupakan kumpulan dataset yang salah satunya disediakan oleh pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) yang bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Penelitian ini merupakan pengembangan aplikasi berdasarkan rancanganmenggunakan metode prototyping yang memanfaatkan OGD sebagai dasarnya. Dengan menggunakan data OGD yang terhimpun diharapkan akan memberikan hasil aplikasi yang lebih tepat guna sesuai kebutuhan pengguna. Metode prototyping merupakan metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan pemodelan awal atau rancangan model dari suatu aplikasi yang nantinya dijadikan acuan pengembangan. Untuk menghasilkan rancangan tersebut diperlukan bahan awal selain selain analisis kebutuhan pengguna, keperluan fituryaitu data yang nantinya digunakan pada aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan rancangan awal dengan menggunakan OGD menghasilkan aplikasi yang lebih realistis, dinamis, mudah dalam penggunaan serta lebih dini untuk diidentifikasi harapan pengguna terhadap yang dapat dikembangkan. Pada pengujian fungsional fitur aplikasi menunjukan hasil sesuai yang dibutuhkan oleh pengguna
Evaluasi Kualitas Layanan Electronic Pendapatan Asli Daerah (E-PAD) Di Kabupaten Banyuwangi Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis Beny Prasetyo; Fahrobby Adnan; Randika Andi Syahputra
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1857

Abstract

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2018 telah menciptakan sebuah inovasi baru dalam pengembangan e-Government salah satunya yaitu electronic Pendapatan Asli Daerah (E-PAD) yang berbasis website beralamatkan https://layanan.banyuwangikab.go.id. Layanan E-PAD merupakan sebuah inovasi milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuwangi. E-PAD merupakan layanan yang dapat membantu dalam menyampaikan informasi dan memberikan pelayanan kepada seluruh wajib pajak yang memiliki kewajiban dalam melaporkan dan membayar pajak daerah di Kabupaten Banyuwangi. Pada penelitian ini menggunakan metode e-GovQual yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari layanan E-PAD yang diterima oleh pengguna, dan metode IPA untuk mengukur kinerja layanan berdasarkan tingkat kepentingan layanan E-PAD. Hasil dari evaluasi tersebut akan diketahui bagaimana kualitas layanan yang diberikan dan atribut apa saja yang perlu mendapat rekomendasi perbaikan berdasarkan skala prioritasnya. Dengan demikian hasil dari evaluasi dan rekomendasi perbaikan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan layanan E-PAD kedepannya kepada pihak penyedia layanan. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner yang diberikan kepada wajib pajak yang menggunakan layanan E-PAD. Penyusunan instrumen kuisioner disusun berdasarkan turunan dari definisi operasional variabel pada metode e-GovQual. Atribut yang digunakan pada penelitian berjumlah 32 atribut yang telah didiskusikan dengan pihak penyedia layanan. Sampel yang digunakan berjumlah 73 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yang diambil secara acak (random sampling). Hasil dari penelitian menunjukkan total dari nilai kinerja yang pada seluruh variabel e-GovQual diatas skor likert 3 (baik) yaitu 3,42. Artinya, bahwa layanan E-PAD sudah memiliki kinerja yang baik menurut persepsi pengguna. Sedangkan pada total skor nilai kepentingan dari seluruh variabel e-GovQual yaitu sebesar 3,39. Sehingga menimbulkan kesenjangan antara kinerja dengan kepentingan sebesar 0,03. Apabila nilai kesenjangan bernilai (+) maka kinerja dari layanan tersebut sudah memenuhi kepentingan pengguna, dan jika nilai kesenjangan bernilai negatif (-) maka kinerja dari layanan tersebut masih belum memenuhi kepentingan pengguna. Menurut hasil analisis kesesuaian antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan memiliki nilai kesesuaian >100% yaitu 100,88%. Apabila nilai kesesuaian diatas 100% menunjukkan bahwa kinerja layanan sudah memenuhi kepentingan pengguna. Dengan demikian secara keseluruhan kinerja dari layanan E-PAD sudah baik dan sudah memenuhi kepentingan dari pengguna. Terdapat empat atribut yang perlu mendapatkan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan yaitu kemudahan dalam mengingat URL (AEU3), adanya perhitungan yang terprogram pada formulir (AFIE1), keringkasan data dan informasi akurat (AC2), dan ketepatan dalam transaksi (ATR4). 
Sistem Informasi Presensi Online Menggunakan Teknologi Face Recognition dan GPS Yusuf Wahyu Setiya Putra; Muhammad Fadlil Adhim
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1470

Abstract

Sistem presensi di SMK Muhammadiyah 1 Weleri masih menggukan cara konvensional sehingga membutuhkan waktu yang lama dan rentan adanya manipulasi data maupun data ganda. Perancangan system informasi presensi online ini dibangun dengan teknologi GPS dan Face Recognition  yang berbasis android dan web. Sistem ini dirancang dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, dan MySQL sebagai basis data. Dalam Pembuatan system pada penelitian ini penulis menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Kemudian untuk pengujian menggunakan User Acceptance Testing (UAT) untuk menguji sistem terhadap spesifikasi aplikasi dengan membagikan kuisioner untuk responden. Pengujian tersebut akan dilakukan oleh guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah 1 Weleri. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan presensi guru dan karyawan, sehingga dapat memberikan informasi secara lengkap dan akurat, serta dapat melakukan monitoring presensi tersebut dengan efektif dan efisien. Kemudian hasil dari uji sistem menggunakan User Acceptance Testing (UAT) sebesar 93,8% yang menandakan sistem ini dapat diterima oleh penggunanya.
Rancang Bangun Sistem Informasi Bantuan Internet Fixed Broadband Menggunakan Algoritma Analytical Hierarchy Process Mohammad Iqbal; Rian Piarna
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1490

Abstract

Program Bantuan Internet Fixed Broadband merupakan program yang dilaksakan oleh Direktorat Pita Lebar Kementrian Komunikasi dan Informatika yang telah berjalan sejak tahun 2018. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat melalui adanya media internet. Namun program ini masih memiliki kendala dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan karena proses pengusulan data bantuan internet masih menggunakan form survei online. Maka dari itu dibangun sebuah sistem yang dapat membantu petugas untuk mengelola data bantuan internet, menentukan penerima bantuan, menampilkan monitoring wilayah penerima bantuan internet, dan memfasilitasi pemohon untuk melakukan pengusulan bantuan internet juga memantau status progress dari usulan yang telah diajukan. Sistem ini dibangun dengan mengacu pada metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Fountain yang memiliki ciri khas dimana setiap tahapan dalam pengerjaannya dapat dilewati atau diulang kembali. Sistem yang dibangun berupa aplikasi berbasis website yang memiliki dua interface yaitu admin dan pemohon. Untuk pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sistem, digunakan algoritma AHP (Analytical Hierarchy Process). Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dengan framework Codeigniter yang dikolaborasikan dengan struktur HMVC (Hierarchy Model-View-Controller) yang digunakan dengan tujuan memperkuat keamanan sistem. Selain itu untuk menilai kesesuaian sistem dengan perancangan yang dibuat maka dilakukan pengujian sistem menggunakan black box testing yang menunjukan 100% keberhasilan fungsionalitas sistem dan User Acceptences Testing (UAT) yang menunjukan nilai ergonomic yang cukup tinggi yakni 96%.
Pengukuran Tingkat Risiko Terhadap Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Rumondang Martha Ambarita; Widya Cholil
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1441

Abstract

Pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi dibutuhkan untuk mengetahui kondisi tata kelola teknologi informasi perusahaan saat ini. Penerapan tata kelola teknologi informasi tidak lepas dari kemungkinan adanya risiko teknologi informasi sehingga diperlukan sebuah framework yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi, serta dapat digunakan sebagai pedoman pengukuran tingkat risiko dan perumusan mitigasi risiko. Tingkat kapabilitas teknologi informasi diukur berdasarkan metode Process Assesment Model (PAM) yang ada pada COBIT 5. Pengukuran tingkat kapabilitas dilakukan pada dua proses COBIT 5 yaitu EDM03 Ensure Risk Optimization dan APO12 Manage Risk. Identifikasi risiko dilakukan berdasarkan hasil pengukuran tingkat kapabilitas, di mana diperoleh empat potential risk yang kemudian diukur berdasarkan COBIT 5 for Risk. Hasil pengukuran tingkat risiko untuk potential risk 1, potential risk 2, dan potential risk 4 berada pada level medium, sedangkan potential risk 3 berada pada level low. Hasil yang diperoleh dari pengukuran tingkat risiko untuk keempat potential risk tersebut digunakan sebagai dasar untuk merumuskan rekomendasi langkah – langkah mitigasi risiko.
Mobile Apps Design to Find Internship Place Using Design Thinking Method Hanan Afif Ramadhan; Gita Fadila Fitriana
Jurnal Tekno Kompak Vol 16, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v16i1.1494

Abstract

Magang menjadi kegiatan wajib sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Namun dengan banyaknya media pencari tempat kerja untuk magang dalam penerapannya, mahasiswa masih kesulitan mencari tempat magang yang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Design Thinking dan System Usability Scale untuk merancang tampilan antarmuka aplikasi untuk mencari tempat magang. Tinjauan pustaka digunakan untuk menemukan dasar penelitian yang digunakan sebagai teori, konsep dasar, dan metode. Design Thinking dilakukan untuk menemukan suatu permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Validasi masalah dilakukan dengan melakukan survei. Dan memprioritaskan masalah menggunakan matriks tantangan. Prototipe dilakukan dengan membuat desain  yang dapat dicoba oleh pengguna untuk mencapai tujuan dari desain yang dibuat dan menguji tingkat keberhasilan menggunakan skala system usability scale. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan antarmuka aplikasi mobile yang diuji menggunakan skala system usability scale dengan 8 data uji dan memiliki tingkat keberhasilan dengan nilai 93,75%. Perancangan antarmuka yang dibuat dapat membantu mahasiswa menemukan tempat magang yang paling sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15